Negri Kaya Raya tapi Rakyatnya Miskin

Seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Singapura bercerita bahwa dia sering diledek dosennya "Negerimu itu kaya, Tapi rakyatnya miskin". apa benar ledekan tersebut? apakah benar Indonesia negara kaya? bulan pertama di tahun 2013, utang pemerintah Indonesia bertambah sebesar Rp. 4,33 Triliyun. sehingga total utang secara keseluruhan mencapai Rp. 1.979,75 Triliyun.
Apakah benar Indonesia Negara kaya? per maret 2011 pihak asing telah menguasai 50,6 persen aset perbankan nasional. jadi, sekitar Rp. 1,551 Triliyun dari total aset perbankan Rp. 3.065 Triliyun dikuasai asing. secara perlahan porsi kepemilikan asing terus bertambah. per Juni 2008 kepemilikan asing baru mencapai 47,02 persen.
Apakah benar Indonesia Negara Kaya? tak hanya perbankan, asuransi juga didominasi asing. Dari 45 perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di indonesia, tak sampai setengahnya yang murni milik Indonesia. kalau dikelompokkan, dari asuransi jiwa yang ekuitasnya di atas Rp. 750 milyar hampir semua usaha patungan. dari sisi perolehan premi, lima besarnya adalah perusahaan asing. Hal itu tak terlepas dari aturan pemerintah yang sangat liberal,  memungkinkan pihak asing sampai 99 persen saham perbankan dan 80 persen saham perusahaan asuransi.
apakah benar Indonesia negara kaya? pasar modal juga demikian. total kepemilikan investor asing 60-70 persen dari semua saham perusahaan yang dicatatkan dan diperdagangkan di bursa efek. Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun demikian. Dari semua BUMN yang id Privatisasi, kepemilikan asing sudah mencapai 60 persen. lebih tragis lagi di sektor minyak dan gas. porsi operator minyak dan gas nasional hanya sekitar 25 persen, selebihnya 75 persen dikuasai pihak asing.
Apakah rakyat Indonesia miskin?
periode pertama pemerintahan, SBY menggunakan uang rakyat untuk membeli 60 unit mobil Toyota Camry untuk pejabat negara. Di periode kedua lagi-lagi pemerintah SBY melakukan pergantian mobil dinas menteri menjadi Toyota Crown Royal Saloon.
Saat Mega berkuasa, saat KTT ASEAN di Bali 7-8 Oktober 2003, pemerintah memborong mobil BMW seri 7 untuk para kepala negara dan seri 5 untuk pejabat setingkat menteri.
Apakah Rakyat Indonesia Miskin?
Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani Mengatakan, rakyat miskin indonesia dibagi dalam dua kategori,  Yakni Miskin dan hampir Miskin. Saat ini jumlah masyarakat miskin hampir 30 juta orang, sedangkan hampir miskin 70 juta orang.
Masing-masing kita tentu punya jawaban, berasar realita kehidupan di sekitar kita. masih ada rakyat yang menahan lapar sepanjang hari? masih ada anak putus sekolah karena ketiadaan biaya? masih ada orang sakit yang tiada biaya untuk berobat? masih ada gelandangan di sudut-sudut lingkungan kita?