Membuat Kompor Spirtus dari Kaleng Bekas


Ketika Anda sedang berkemah, tidak cukup rasanya bila tidak memasak dibawah bintang-bintang yang indah gemerlapan di malam hari. Ada sebuah kompor sederhana yang mudah dibuat dan ringan untuk dibawa kemana saja, termasuk untuk berkemah. Terbuat dari dua kaleng soda aluminium, namun dapat menghasilkan panas yang cukup untuk merebus air. Kompor sederhana ini juga bisa digunakan untuk keadaan darurat di sekitar anda.


Alat dan bahan yang anda butuhkan:
1. Dua kaleng alumunium soda
2. Pisau
3. Gunting
4. Spidol
5. Buku tebal sekitar 1 inchi
6. Staples
7. Spiritus

Langkah 1
Kompor ini memiliki tiga komponen: bagian atas, bagian bawah, dan dinding bagian dalam. Cari buku yang tebalnya sekitar 1 inchi. Tempatkan spidol hitam pada buku dengan ujung menyentuh sisi kaleng soda, dan buat garis dengan spidol pada sisi kaleng soda tersebut sesuai tinggi buku. Kaleng ini akan menjadi bagian bawah.

Langkah 2
Lipat penutup depan dan belakang buku ini, dan tempat spidol hitam pada tumpukan halaman tanpa penutup buku. Lalu buat garis lagi pada sisi kaleng soda. Kaleng ini akan menjadi bagian atas.

Langkah 3
Lubangi kaleng untuk bagian atas pada sisinya. Menggunakan pisau tajam, memotong dasar kaleng, hanya di dalam tepi luar. Untuk keamanan, lakukan dengan hati-hati dan sabar.

Langkah 4
Lalu lubangi pinggiran kaleng dengan paku kecil atau sejenisnya. Anda dapat menggunakan selotip agar jarak antar lubang tetap sama.

Langkah 5
Sekarang bagian atas bisa disiapkan, memotong sisa kaleng, menggunakan garis hitam yang ditarik pada kaleng sebagai panduan. Lebih mudah untuk menusuk kaleng dengan pisau dan kemudian dipotong sepanjang garis dengan gunting. Ulangi langkah ini dengan kaleng kedua - salah satu yang akan digunakan sebagai bagian bawah kompor.

Langkah 6
Ukurlah alumunium sebagai dinding bagian dalam kompor. Dari beberapa kelebihan aluminium, potong strip logam yaitu sekitar ¼ "lebih tinggi dari ketinggian bagian bawah. Ini akan menjadi dinding bagian dalam dari kompor.

Langkah 7
Gulung strip logam sehingga cocok pas dalam alur bawah bagian bawah. Staple ujung strip di mana mereka tumpang tindih untuk menjaga bagian dalam ini pada ukuran ini. Anda sekarang memiliki dinding batin Anda.

Langkah 8
Potong tiga kotak di bagian bawah dinding bagian dalam untuk memungkinkan bahan bakar untuk perjalanan dari rongga pusat ke tepi luar.

Langkah 9
Potong delapan celah vertikal di bagian atas hingga ke garis di mana pencetakan di dapat dimulai. Ketika saatnya untuk menghubungkan semua bagian, celah ini akan membantu Anda geser bagian atas ke bagian bawah.

Langkah 10
Tempatkan potongan dinding bagian dalam bawah bisa, memastikan bahwa bukaan Anda memotong berada di bagian bawah. Dinding bagian dalam harus pas di alur di kedua bagian atas dan bagian bawah. Geser bagian atas antara dinding dalam dan bagian bawah.

Langkah 11
Isi rongga bagian dalam kompor sekitar setengah jalan dengan cairan alkohol. Anda dapat menemukan cairan alkohol di toko-toko perangkat keras di lorong cat. Tempatkan kompor antara dua batu bata yang sedikit lebih tinggi dari kompor. Pot Anda akan duduk di batu bata dan akan ditinggikan di atas kompor.

Langkah 12
Kompor sudah jadi, siap untuk menemani masak anda.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat video tutorial pembuatanya berikut ini