Manfaat Bawang Putih untuk Obat Ambeien




Bawang putih (Allium sativum, Linn.)
Bawang putih adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita, bawang putih merupakan rempah di dunia, selain itu bawang putih juga memiliki manfaat lain yakni sebagai tanaman obat. Bawang putih tumbuh secara berkelompok dan berdiri tegak sampai setinggi 30 – 75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daun menyerupai pita,berbentuk pipih dan memanjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut serabut kecil yang berjumlah banyak. Setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih yang semula merupakan tumbuhan dataran tinggi, sekarang di indonesia bawang putih jenis tertentu ditanam di dataran rendah.
Bawang putih memiliki khasiat antara lain untuk mengobati hipertensi, asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, sakit kuning, sesak nafas, busung air, ambeien, sembelit, luka memar, bekas luka benda tajam, digigit serangga, cacingan dan sulit tidur.
Umbi bawang putih per 100 grm mengandung protein sebesar 4,5 grm, lemak 0,20 grm, hidrat arang 23,10 grm, vitamin B1 10,22 mgrm, vitamin C1 5mgrm, kalori 95 kalori, posfor 134 miligram, kalsium 42 mlgrm, besi 1 mlgrm dan air 71 grm.
Resep obat tradisional bawang putih
1.       Hipertensi
3 siung bawang putih kemudian ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya lalu disaring, minumlah secara teratur setiap hari.
2.       Asma, batuk dan masuk angin
3 siung bawang putih,  1 sdm madu dan gula batu secukupnya, kemudian bawang putih ditumbuk halus campurkan madu dan gula batu kemudian peras dan saring. Minumlah setiap pagi hari sampai sembuh.
3.       Sakit kepala
Sediakan bawang putih secukupnya kemudian tumbuk halus lalu kompreskan pada dahi.
4.       Sakit kuning, sesak nafas dan busung air
1 umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam, umbi bawang putih tumbuk halus lalu direbus bersama gula batu dalam air sebanyak 3 gelas sampai mendidih dan merata saring,  minumlah 2 kali sehari  2 sendok makan pagi dan sore.
5.       Ambeien
Umbi bawang putih tumbuk halus, peras ambil airnya, oleskan sekitar dubur tiap kari sampai sembuh.
6.       Luka memar karena tikaman atau benturan
Bawang putih secukupnya dan 1 sendok madu. Bawang putih ditumbuk halus, kemudian beri 1 sendok madu campur sampai merata. Olwskan pada bagian yang luka
7.       Luka benda tajam
Umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Umbi bawang putih dibakar kemudian celupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus, oleskan pada bagian yang luka.
8.       Sengatan serangga
Umbi bawang putih, sendowo dan garam secukupnya. Umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian campurkan sendowo dan garam aduk sampai rata. Oleskan pada bagian tubuh yang tersengat serangga.
Sekian semoga bermanfaat.