Membuat Obat Perut Kembung Anak dari Bawang Merah



Bawang merah (Allium cepa)
Bawang merah adalah tumbuhan yang sangat familiar bagi kita, bawang merah kita kenal sebagai salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah untuk menyedapkan masakan terutama masakn nusantara yang kaya akan citarasa rempah-rempahnya.
Bawang merah merupkan tanaman herba semusim, bawang merah berkhasiat mengobati batuk, haid tiak teratur, kencing manis, obat cacing, demam pada anak-anak (obat luar) dan perut kembung pada anak-anak (obat luar).
Bawang merah mengandung minyak astiri, sikloalin, metilaniin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin dan zat pati.
Resep obat tradisional bawang merah
1.       Kencing manis
Umbi bawang merah sebanyak 4 gram, buah buncis 15 gram, dan daun salam sebanyak 10 helai ditambah air 120 ml. semua bahan tersebut diminum sehari sekali 100 ml. Ulang selama 14 hari.
2.       Demam dan perut kembung pada anak-anak
Umbi bawang merah secukupnya dipotong tipis-tipis dicampur dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih secukupnya. Ketiga bahan tersebut diremas-remas sehingga menghasilkan minyak. Oleskan minyak tersebut pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki dan tangan anak yang demam.

Demikian semoga bermanfaat.