Facebook dan Microsoft bekerja sama pasang kabel di bawah samudera Atlantik



Facebook dan Microsoft yang bekerja sama untuk meletakkan kabel bawah laut utama di bawah Samudera Atlantik.
Kabel bawah laut akan mengukur 6.600 kilometer, membentang dari Virginia ke Bilbao, Spanyol. Ini akan membawa sekitar 160 terabit data per detik, jutaan kali lebih cepat daripada koneksi internet rumah khas. Ini akan menjadi kabel kapasitas bawah laut tertinggi yang pernah menyeberangi Atlantik, menurut siaran dari Facebook. Bekerja pada proyek ini dijadwalkan akan dimulai pada Agustus dan akan selesai pada Oktober 2017. Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar pada berapa banyak proyek akan biaya.
(Microsoft)
Facebook dan Microsoft mengatakan kabel trans-Atlantik, bernama "Marea," akan membantu mereka mendukung "ledakan konsumsi data dan pertumbuhan yang cepat dari awan masing-masing dan layanan online." Kabel akan dikelola dan dioperasikan oleh Telxius, infrastruktur Telecomm perusahaan yang dibentuk pada bulan Februari oleh Telefonica, perusahaan telepon sebelumnya milik negara Spanyol diprivatisasi pada tahun 1997.
Pada bulan Agustus 2014, Google membuat kesepakatan dengan lima perusahaan telekomunikasi Asia untuk membangun kabel bawah laut, "Lebih cepat," dari AS ke Jepang. kabel yang dirancang untuk membawa 60 terabit data per detik dan diperkirakan menelan biaya $ 300 juta. Belakangan tahun itu, Google membentuk kemitraan lain untuk membangun kabel bawah laut $ 60 juta dari Florida ke Brasil.
Najam Ahmad, wakil presiden Facebook untuk teknik jaringan, mengatakan kepada Wired bahwa menghindari model konsorsium akan membantu proyek bergerak bersama lebih cepat, dan memberikan Facebook kontrol lebih besar atas penggunaan utama kabel ini. Ahmad mengatakan bahwa Marea akan menyediakan rute yang lebih efisien tidak hanya untuk Eropa, tetapi juga ke Afrika, Timur Tengah, dan Asia-semua daerah di mana Facebook sedang mencoba untuk membangun kehadirannya.( http://qz.com/)