Pelatihan Pratugas Pendamping Desa Mulai Agustus 2016

Pelatihan Pratugas Pendamping Desa Mulai Agustus 2016 - Bagi anda yang telah lulus seleksi Pendamping Desa 2016 baik sebagai Tenaga Ahli, Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa, tentu saja saat ini sedang menunggu-nunggu Jadwal Pelatihan Pratugas di provinsi masing-masing. Info terbaru perihal pratugas telah dilansir oleh redaksi Jalur9.com Makasar beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa pelatihan pratugas untuk semua pendamping desa akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Agustus 2016. Berikut ini petikan beritanya.

Pelatihan Pratugas Pendamping Desa 2016

Para calon pendamping desa yang sudah dinyatakan lulus akan mengikuti pratugas. Pratugas pendamping desa ini berdasarkan implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Untuk Sulsel pratugas rencananya diselenggarakan kisaran minggu pertama atau kedua bulan Agustus mendatang.

“Dalam pratugas ini mereka dibekali sejumlah pengetahuan terkait tupoksinya seperti, pendekatan pemberdayaan, model pendampingan dan regulasi terkait UU Desa, serta pengetahuan teknis penyelesaian masalah,” ungkap Abdul Rahman salah satu Tenaga Ahli Provinsi Sulsel pada Jalur9.com, Rabu (13/7).

Pemateri pada pratugas tersebut adalah Kemendes, NMC (Nasional Management Consultan), Regional Management Consultan, Tenaga ahli Provinsi, dan Matter Trainer.

“Untuk tempat pelasanaan pratugas akan dilaksanakan di salah satu Hotel di Makassar, hanya saja belum ditentukan hotelnya,” tambah Abdul Rahman.

Adapun jumlah peserta pratugas pendamping desa adalah semua yang lulus dalam seleksi yaitu, Tenaga Ahli (TA) 63 orang, pendamping desa pemberdayaan (PDP) 109 orang, pendamping desa teknik infrastruktur (PDTI) 36 orang, dan pendamping Lokal desa (PLD) 59 orang.

Jumlah kuota yang akan mengikuti pratugas belum cukup dari yang dibutuhkan. Sehingga Kemendes akan menyelenggarakan seleksi tahap kedua setelah pratugas selesai dilaksanakan.

Abdul Rahman berharap pendamping mampu menjabarkan tupoksinya sehingga tujuan desa yang mandiri dan sejahtera bisa terwujud lebih cepat.

Sementara itu berdasarkan beberapa informasi yang kami dapatkan untuk wilayah Kalimantan, diperkirakan jadwal pratugas akan dimulai pada minggu ke-2 bulan Agustus 2016. Pada akhir Juli ini terlebih dahulu akan dilaksanakan ToT (Training of Trainer) bagi para pelatih pratugas nantinya. Kemungkinan besar untuk provinsi lain selain Sulawesi dan Kalimantan pun akan dilaksanakan pada bulan Agustus depan.

Sumber: Jalur9.com