ASPEK DASAR DALAM MERANCANG WEB



       Jika anda adalah seorang pengembang web pemula, kadang merasa minder ketika mendengar nama-nama web master dengan berbagai sepak terjangnya maka saya sarankan tidaklah perlu berkecil hati, yang paling terpenting adalah kita berusaha semaksimal mungkin dan keluarkan kemampuan terbaik kita. 

       Agar web yang kita buat nampak profesional, meskipun sebagai pemula maka kita perlu memahami beberapa konsep dasar dalam membangun sebuah situs web. Mulai dari tool yang dipakai, pemilihan warna teks, gambar yang dipilih juga latar belakan halaman web.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah web adalah sebagai berikut

1.       Dapat dipakai (use Ability)

Useabilitas menjadi sangat penting dalam sebuah web, terkadang kita menemukan web dengan tampilan yang elegan dengan gambar-gambar yang sedap dipandag  dengan tampilan profesional dan dinamis, namun angat sangat tidak enak jika memerlukan loading yang cukup lama untuk memuat halaman website, atau penggunaan navigasi yang terlalu rumit yang tidak dimengerti oleh kebanyakan orang, sehingga beresiko menimbulkan ketidaknyamanan bagi para visitor website anda.
Perlu anda ketahui bahwa kebanyakan orang lebih menginginkan website yang tampilanya bersih simpel dan dan mudah untuk mendapatkan informasi dari website tersebut, contoh Google dengan nama besarnya mereka tetap menampilkan website dengan tampilan yang minim dan sederhana sehingga mudah untuk dimengerti.

2.       Navigasi yang mudah (Friendly navigation)

Navigasi biasanya berbentuk menu kotak tersusun rapi tersusun rapi di bagian atas content web atau blog. Navigasi memudahkan bagi pembaca untuk menelusuri content-content yang ada pada website anda sehingga visitor akan merasa nyaman jika menu navigasi anda tersusun rapi dengan titel-titel yang merangkum isi kontent.
Tips meletakkan navigasi:
·         Sebaiknya letakkan link navigasi anda di sebelah kiri dari kontent atau atas dengan mengambil ruang yang tidak terlalu lebar
·         Gunakan teks yang agak tebal dan jelas atau juga bisa menggunakan grafik
·         Posisi navigasi sebaiknya konsisten posisi dan warnanya

3.       tehnik penulisan (writing tehnic)

penulisan pada web perlu kita perhatikan, karena sangat berbeda dengan penulisan pada majalah atau karya ilmiah, hindari penulisan menggunakan kalimat yang b ertele-tele, usahakan meringkas kalimat sesingkat mungkin namun dengan tetap memperhatikan sasaran dari maksud tulisan tersebut sehingga menghasilkan tulisan yang singkat namun sudah memahamkan. 

4.       sederhana (simple)

situs web yang sederhana itu bukan berarti situs murahan, kebanyakan dari visitor lebih menyukai situ yang sederhana dan tidak memiliki banyak iklan sehingga menimbulkan loading yang lama, jadi buatlah situs yang sederhana, ringan (mudah dimuat) dan menampilkan iklan yang tidak terlalu banyak dan menempatkan iklan secara tepat.

5.       mudah diakses (accessibility)

akses mudah bagi sebuah web perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:
·         website anda mudah digunakan oleh web browser yang kebanyakan orang menggunakan
·         web anda mudah di download tanpa menggunakan plug in tertentu
·         gunakan style sheet untuk memisahkan style dan konten
·         gunakan warna yang bagus yang dapat memperjelas konten web anda.

Demikian uraian dari saya semoga bermanfaat